Proposal Kerjasama Di Sekolah

I. PENDAHULUAN

Manusia dilahirkan dengan kesempurnaan dan diberikan potensi serta karakter bawaan masing - masing. Setiap individu adalah berbeda namun, perbedaan ini bukan untuk dibanding - bandingkan antara satu individu dengan individu yang lain. Oleh karena itu disarankan untuk fokus pada bagaimana mengembangkan potensi masing - masing daripada memikirkan potensi dan kelebihan individu yang lain.
Mengetahui Potensi dan karakter merupakan faktor kunci dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Pengetahuan ini akan sangat membantu untuk memilih jurusan bidang studi dan mengembangkan individu sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
Pentingnya memahami potensi siswa ini, perlulah disadari, dipahami dan dimanfaatkan oleh orang tua dan guru untuk memberikan sistem pembelajaran yang tepat, produktif dan kreatif serta menyenangkan sehingga dapat membantu membentuk manusia-manusia Indonesia yang berkarakter, yang berilmu dan beriman.
Penerapan sistem pendidikan dan pengajaran yang kondusif pada anak, haruslah berdasar pada kekuatan potensi dasar anak (kecerdasan dan bakat anak), kebutuhan-kebutuhan anak (material, emosional, sosial, dan spiritual) yang dikemas secara manis dan integral agar apa yang diharapkan dan dicita-citakan para orang tua, guru dan masyarakat untuk membentuk manusia Indonesia yang berkualitas, yang cerdas, tangguh mampu bersaing dan berprestasi dapat dibentuk dengan baik.
Untuk itu penerapan sistem pendidikan yang tepat dan terarah menjadi sangat penting, agar anak dapat mengembangkan potensi dan menyalurkan bakat-bakat alamiahnya secara bebas dengan menciptakan lingkungan yang tepat pula bagi anak, sehingga tidak bisa ditawar dan menjadi kebutuhan yang mendesak bahwa ilmu psikologi menjadi sangat penting untuk membantu memahami kondisi anak agar orang tua / guru dapat memperlakukan anak secara tepat.
Menyadari kebutuhan-kebutuhan di atas, maka kami “Biro Layanan Psikologi Hidayatullah” mengajak para orang tua dan guru untuk memahami potensi anak, melalui pengukuran potensi psikologis anak yang mencakup aspek perkembangan kecerdasan intelektual, perkembangan emosional/sikap atau perilaku anak dan bakat anak bila perlu, serta bagaimana menciptakan lingkungan yang menyenangkan dan baik bagi anak dan nyaman bagi orang tua dan guru (memberikan pola asuh yang tepat dan sesuai dengan kondisi anak) dalam membantu mengembangkan potensi yang dimiliki oleh anak-anak tercinta sedini mungkin, sehingga apa yang diharapkan dan dicita-citakan dapat terlaksana dan diwujudkan dengan baik.


II. TUJUAN DAN MANFAAT

BAGI SEKOLAH
Penilaian aspek-aspek psikologis ini antara lain bermanfaat untuk :
  1. Menerima dengan baik adanya perbedaan potensi secara proporsional (multiple intelligence bukan mono intelligence).
  2. Mencari dan memberikan informasi penyebab kesulitan belajar, kesulitan penyesuaian diri yang mungkin dialami oleh anak.
  3. Memberi arahan terhadap minat dan mengembangkan bakat-bakat yang dimiliki anak, sehingga memudahkan guru dalam mengarahkan, membimbing anak untuk menekuni bidang pembelajaran yang sesuai dengan potensi yang dimiliki, karena tidak semua anak mampu menguasai semua bidang studi dengan baik.
  4. Untuk memberikan metode pembelajaran dan pengelolaan ruang belajar yang menyenangkan sesuai dengan kondisi anak dan tuntutan masyarakat yang sedang berkembang.
  5. Untuk seleksi penerimaan siswa baru, yaitu menjaring calon siswa baru yang sesuai dengan visi dan misi penyelenggaraan pendidikan dan mengelompokkan siswa pada "kegiatan ekstrakurikuler" berbasis 8 kecerdasan (linguistik, logic-matematika, intrapersonal, interpersonal, visual ruang, body kinestetik, musik, naturalis).
  6. Memberikan data mutakhir untuk mempersiapkan anak untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

BAGI ORANG TUA
  1. Diharapkan orang tua mau memahami potensi anak, baik itu potensi kecerdasan intelektual, emosional, sosial (watak, sikap dan perilaku anak) serta bakat alamiah anak.
  2. Mengetahui kekuatan dan kelemahan anak sehingga orang tua dapat menuntun dan memperlakukan anak sesuai dengan potensi yang dimilikinya sehingga dapat menghindari sikap orang tua yang kurang bijaksana yang pada akhirnya akan menimbulkan stress dan mengganggu tumbuh-kembang anak secara keseluruhan.
  3. Membantu anak mengembangkan potensi yang dimiliki, sehingga menjadi lebih fokus dalam menyiapkan prestasi dan karir bagi putra-putrinya.
  4. Mau menerima kondisi anak apa adanya. Ikhlas dan tetap mendorong anak sesuai dengan kemampuan. Sehingga orang tua mampu mengembangkan pola asuh yang lebih baik, agar tujuan pendidikan yang diidamkan dapat tercapai dengan baik pula.

III. BENTUK PELAYANAN

  1. Pemeriksaan psikologi dilakukan oleh psikolog yang bersertifikat dan para sarjana psikologi yang sudah terlatih.
  2. Hasil pemeriksaan psikologi akan diberikan lebih kurang dua minggu setelah pemeriksaan dilakukan. Rangkap dua (untuk orang tua dan satu bendel untuk arsip sekolah).
  3. Diberikan ceramah penjelasan dan konsultasi hasil evaluasi psikologi kepada wali murid (secara klasikal atau pribadi bila diperlukan)
  4. Membantu memberikan masukan, saran/ide pada para guru untuk membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi.
  5. Memberi kesempatan bagi para wali murid/guru untuk berkonsultasi secara pribadi (di lain waktu) dalam usaha membantu mengatasi problema pendidikan putra-putrinya.
  6. Memberikan saran/masukan terbaik untuk orang tua dalam memilihkan sekolah lanjutan yang sesuai dengan kemampuan anak.

IV. PEMBIAYAAN

Untuk menjalin kerja sama, mutu pelayanan yang baik yang berwawasan lingkungan, maka pembiayaan pemeriksaan psikologi disesuaikan dengan kondisi riil sekolah dan wali murid:
  • Pelayanan pemeriksaan perkembangan anak berupa tes bakat minat, yang dikenakan pada siswa adalah sebesar Rp = 35.000,-
  • Pembiayaan lain-lain disesuaikan dengan jenis pelayanan dan pelaporannya.
Nb: Harga bisa berubah sewaktu-waktu


V. PENUTUP

Semoga ilmu dan pelayanan psikologi yang sangat dibutuhkan oleh semua pihak ini dapat berguna bagi tumbuh-kembang anak, harapan orang tua, satuan pembelajaran, visi misi pendidikan dengan harapan agar anak dapat memiliki keterampilan, berprestasi, dapat menikmati hidup yang indah ini dan bermanfaat bagi diri dan lingkungannya.
Atas kerjasama yang baik kami ucapkan terimakasih.

BLPH







META HARSANTI, M.Psi
Direktur Utama

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Terimakasih anda sudah berbagi, numpang Share ya?

ikaishapaavola mengatakan...

PokerStars Casino Review & Bonus Code - JtmHub
PokerStars Casino 통영 출장안마 has 의왕 출장샵 an impressive sportsbook, with 광주 출장안마 poker games 부천 출장마사지 such 의왕 출장샵 as Texas Hold'em, Toto, Craps, and Blackjack all included. The sportsbook also offers

Posting Komentar